Rabu, 10 Juli 2013

IrfanView 4.33

IrfanView adalah program aplikasi yang dibuat oleh seseorang bernama Irfan Skiljan, untuk mengedit image. IrfanView sangat cepat, kecil, kompak dan inovatif Freeware (untuk non-komersial) penampil grafis untuk Windows.

Fitur IrfanView 4.33
            Berikut adalah beberapa fitur serta kemampuan andalan IrfanView :
  • Program ini mendukung banyak sekali format file
  • Tersedia dalam berbagai bahasa
  • Opsi untuk melihat preview/thumbnail
  • Fitur untuk menggambar garis, lingkaran, panah, dan sebagainya
  • Fitur untuk membuat slideshow yang kemudian dapat disimpan sebagai file EXE/SCR
  • Dukungan untuk filter-filter dari program Adobe Photoshop
  • Kemampuan untuk berpindah dari satu direktori ke direktori lain dengan cepat
  • Kemampuan untuk melakukan konversi file dalam jumlah banyak sekaligus

Kelebihan IrfanView 4.33
            Kelebihan dari IrfanView 4.33 adalah sederhana (mudah digunakan) dan gratis (khusus penggunaan non komersil), makanya aplikasi ini benar-benar menjadi image editor favorit bagi orang banyak. Dari beberapa software, Irfanview menempati urutan pertama sebagai Image Editing Software yang paling banyak didownload.
Dengan program Irfanview ini, kita bisa membuka dan mengedit image dengan berbagai macam format (JPG, GIF, BMP, PNG, dll). Kita bisa menggunting, memotong, menambah efek, menajamkan warna, membuat panorama, mengganti warna image dengan mudah. Dan yang enaknya, dia punya sistem konversi batch. Maksudnya, jika kita melakukan edit terhadap satu gambar dengan banyak langkah, maka jika dilain waktu kita pingin mengedit dengan langkah yang sama pada puluhan gambar, kita tidak perlu mengulang dari awal dan mengedit satu-satu. Karena dengan batch, Irfanview akan merekam proses edit yang pernah kita lakukan. Istilahnya, tekan satu tombol saja, puluhan gambar yang kita miliki akan teredit sesuai keinginan.




Kekurangan IrfanView 4.33
            Kekurangan Irfanview, dia cuma bisa dijalankan di OS Windows saja.
Terus ada lagi yang disayangkan, tool/alat-alat untuk menggambarnya tidak terlalu komplit.
Seperti ketika saya mau merubah warna background foto, saya kesulitan karena tidak ada tool Magic Wand (tool ini dipake untuk menseleksi arel yang warnanya berbeda dengan obyek lainnya)


Pendapat Saya Tentang IrfanView 4.33
            Menurut pendapat saya tentang IrfanView 4.33  :

Pertama, mungkin dari segi tools (alat-alat) untuk mengeditnya tidak terlalu komplit (mungkin dikarenakan software ini ukurannya kecil. Kedua, IrfanView ini hanya bisa digunakan di OS Windows saja. Untuk seterusnya, saya tidak terlalu tahu selengkapnya tentang IrfanView ini.

Nama   : Muhammad Taufik Ashari
NIM    : 10511387

Tidak ada komentar:

Posting Komentar